Error Prevention - Tiket.com


Error PreventionEven better than good error messages is a careful design which prevents a problem from occurring in the first place. Either eliminate error-prone conditions or check for them and present users with a confirmation option before they commit to the action.



keterangan
Pada gambar pertama, tertulis dalam "Nomor Passport". Tetapi, saat slot tersebut diisikan huruf dan lalu berhasil disubmit.

Masalah usabilitas:
Pengisian field yang tidak sesuai

Deskripsi masalah usabilitas yang ditemukan:
Pengisian nomor passport bisa diisi dengan huruf. Setelah pengisian menggunakan huruf, form dapat disubmit tanpa ada pesan error.

Saran perbaikan yang dapat dilakukan:
Saat pengisian pada suatu field harus menyesuaikan dengan tipe data yang seharusnya diisikan. Jika tidak sesuai dengan tipe data yang diisikan maka keluarkan notification error.

Skala Severitas:

3

2 komentar:

  1. Bahaya banget ya kalau misalnya tidak terjadi eror, bisa-bisa nanti banyak terjadi pemalsuan pasport. Kalau tidak pesan eror dapat juga diberikan hint saat pengisian pada field tersebut

    BalasHapus
  2. iya seharusnya memang ada feedback error sehingga user tahu apakah yang dimasukan itu sesuai dengan yang seharusnya, dan sebenarnya bisa diatasi dengan penggunan jenis keyboard yang sesuai dengan jenis input fieldnya

    BalasHapus